Sunday 2 February 2020

[REVIEW NOVEL] Treasure Island - Robert Louis Stevenson


Judul: Treasure Island
Penulis: Robert Louis Stevenson
Penerbit: Qanita

___________________________ PULAU HARTA _______________________

Novel ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda bernama Jim Hawkins yang berpetualang mencari harta karun. Awalnya pemuda ini memiliki seorang tamu penginapan yang merupakan seorang mantan bajak laut. Namun, karena serangan jantung, sang kapten meninggal dunia.

Billy Bones, kapten bajak laut tersebut memiliki sebuah peti hitam dan di sanalah Jim Hawkins menemukan peta harta karun kemudian memberikannya pada Dr. Livesey.

Aku sangat berekspektasi tinggi sama novel ini karena kisah bajak laut yang diangkat. Sayangnya beberapa hal yang kuharapkan tidak ada di dalam novel. Kebengisan bajak lautnya pun terasa kurang kuat. Namun, petualangan di darat ketika mereka sampai di Pulau Harta membuat cerita ini lebih menarik.

Perlawanan kelompok Jim Hawkins terhadap para bajak laut pengkhianat yang menjadi kru kapal mereka sebelumnya cukup menantang adrenalin. Aku suka banget sama karakter Dr. Livesey. Perannya sangat jelas, berbeda dengan Jim Hawkins yang sebenarnya tokoh utama dalam novel ini. Karakter Jim agak labil jadi membuat pembaca kurang menikmati.

Bagi penggemar One Piece, beberapa nama yang dipakai oleh Oda Sensei sepertinya terinspirasi dari novel ini atau ada kisah nyata yang menggunakan nama Silver dan Dick.
Rate: 3/5

No comments:

Powered by Blogger.