Wednesday 11 December 2019

Walau Pahit, 3 Buah Berkhasiat Ini Bagus Untuk Kesehatan, Loh!



Buah memang tidak selalu manis, beberapa buah berkhasiat rasanya pahit dan bagus untuk kesehatan.

Kalau kamu penggemar buah, pasti suka dengan rasa manis dan lembut di lidah, bentuk beserta wanginya pun menggoda untuk dimakan. Selain itu, banyak vitamin juga yang terkandung dan baik bagi kesehatan, tetapi tiga buah berkhasiat ini sedikit berbeda dari rasa.


1. Buah Maja

Buah satu ini memiliki cerita yang sedikit unik karena berkaitan dengan sejarah salah satu kerajaan di Indonesia, yaitu Kerajaan Majapahit. Konon katanya Raden Wijaya beserta para pengikut menemukan buah dengan rasa yang sangat pahit, sehingga terinspirasi untuk dijadikan nama daerah. Pohon maja atau yang lebih dikenal sebagai tanaman perdu sebenarnya mudah ditemukan di taman-taman, bentuk buahnya bulat seperti bola voli. Buah berkhasiat ini berwarna hijau dan kulitnya sekeras tempurung, daging buahnya pun tidak enak dimakan, rata-rata dijadikan sebagai tanaman herbal.

Namun, karena rasa pahitnya membuat buah maja sendiri disebut sebagai salah satu buah berkhasiat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah maja dapat mengobati penyakit diare dan disentri, biasanya yang digunakan adalah buah maja kering, tidak memiliki biji, lalu dihaluskan. Takarannya adalah satu sendok bubuk buah maja dicampurkan dengan segelas air dan diminum dua kali sehari, dijamin penyakit itu sembuh. Buah maja juga bermanfaat untuk meredakan mual pada ibu hamil dan kandungan vitamin C berkhasiat untuk kecantikan, menjaga elastisitas kulit.

2. Buah Pare

Pare sering dianggap sayuran oleh sebagian orang karena memang lebih banyak dijadikan bahan masakan, tetapi sebenarnya pare adalah buah berkhasiat. Banyak kandungan yang terdapat dalam buah pare, sebagai sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin K, serta mineral. Pare memiliki nutrisi dua kali lebih banyak dari kalsium pada bayam, dua kali kalium pisang, dan dua kali beta-karoten brokoli. Selain itu, buah pare juga mengandung albiminoid, karbohidrat, mangan, seng, asam folat, alkaloid, peptida, steroid saponin, serat, dan juga fosfor. 


Buah pare memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi yang paling dikenal sangat efektif membantu masalah gula darah pada diabetes. Cara pengobatannya dengan menggunakan dua buah pare, cuci dan lumatkan, kemudian tambah setengah gelas air bersih, terakhir seduh dan peras. Buah pare juga berkhasiat untuk kecantikan sebagai penangkal radikal bebas, membantu produktivitas kolagen dalam tubuh, menjadikan kulit sehat dan cantik. Selain itu, dapat mengobati ruam kemerahan karena sengatan sinar ultra violet yang menjadi masalah utama ketika keluar pada siang hari.


3. Buah Zaitun


Buah zaitun memang memiliki penampilan luar yang menarik, warnanya begitu manis dan terlihat lezat, tetapi rasa ketika dimakan sangatlah pahit. Buah berkhasiat ini memiliki rasa pahit sebagai mekanisme yang berguna bagi buah itu sendiri, untuk menangkis mikroorganisme dan mamalia pengunyah. Bentuk zaitun seperti biji cherry yang bagian luar berfungsi melindungi biji di dalamnya, terlebih lapisan luarnya mengandung 30 persen minyak.


Zaitun tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan atau kecantikan, karena banyak diolah beberapa perusahaan yang bergerak di kedua bidang tersebut. Manfaat dari buah zaitun ini berasal dari nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa organik seperti zat besi, serat, dan juga tembaga. Buah zaitun dapat mencegah berbagai kanker dengan kandungan zat anti oksidan dan karotenoid, serta penuaan dini yang terjadi pada kulit. Selain itu, ada pula manfaat lainnya dari buah berkhasiat ini untuk mencegah penyakit jantung, menyehatkan pencernaan, dan menjaga kesehatan tulang.



Memang tiga buah berkhasiat ini rasanya pahit, tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengandung berbagai macam vitamin dan juga mineral.

No comments:

Powered by Blogger.