Monday 1 April 2019

Awal Terjun Ke Dunia Literasi



“Talenta itu lebih murah dari garam dapur. Yang memisahkan seseorang bertalenta dan orang yang sukses adalah kerja kerasnya.” – Stephen King

Quote dari Stephen King tersebut memiliki arti yang begitu mendalam. Dalam hal ini, sangat berhubungan dengan mereka yang menyebut diri sebagai penulis atau pengarang. Jika dengan kerja keras, dapat melampaui talenta yang memang sudah ada sejak awal.

Bagi sebagian penulis pemula, mereka merasa bertalenta dengan berbagai genre tulisan yang dikuasai. Terlebih, ada kalanya para penulis pemula beranggapan jika apa yang mereka tulis, itulah yang terbaik jika dibanding dengan lainnya. Namun, sadarkah jika talenta saja tidak cukup? Perlu sebuah kerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Satu contoh yang dapat diambil dari kerja keras ini, adalah seseorang yang berhasil menginspirasi. Seorang Ariny N.H. yang kini sudah menerbitkan banyak buku dan memiliki penerbitan dengan cabang di beberapa kota. Talenta dan kerja keras tak bisa dipisahkan begitu saja. Dengan keterbatasan yang ada, Ariny terus bekerja keras agar berhasil sukses hingga sekarang dengan mengandalkan talenta yang memang sudah ia miliki.

Sekarang ini sudah banyak fasilitas yang tersedia bagi para penulis pemula. Dengan mudahnya, mereka bisa mempelajari apapun melalui media online, baik KBBI, PUEBI, atau Tesaurus. Bahkan, beberapa komunitas atau pun perorangan juga menyediakan kelas kepenulisan secara online. Peluang belajar bagi para penulis atau pengarang pemula semakin terbuka lebar.

Nah, lalu bagaimana niat seorang penulis pemula tersebut? Inilah yang perlu diperhatikan! Apakah mereka ingin sukses melalui berbagai proses pembelajaran dalam kelas kepenulisan? Karena dibutuhkan tekad dan mental yang kuat untuk menjadi seorang penulis. Banyak hal yang bisa membuat penulis pemula menyerah sebelum berperang. Itulah sebabnya dikatakan, jika dunia literasi bukan untuk mereka yang terlalu sensitif terhadap kritik atau saran.

Dalam kelas kepenulisan, penulis pemula diajarkan untuk disiplin dan membangun atitude yang baik. Mereka juga dapat menambah berbagai ilmu yang sebelumnya masih sangat awam. Seperti contoh Kelas Menulis Cerdas dari KMC Publisher yang sukses melahirkan bibit unggul dalam dunia kepenulisan. Beberapa alumninya bahkan sudah memiliki jenjang karir sendiri. Mereka berhasil menerapkan apa yang sudah di dapat dari kelas kepenulisan tersebut. Ini membuktikan kerja keras mereka dari awal terjun ke dunia literasi hingga bisa menjadi seseorang yang menginspirasi. Maka dari itu, kejarlah ilmu untuk mencapai kesuksesan. Jangan hanya mengandalkan talenta, tetapi harus diiringi juga dengan kerja keras.   

2 comments:

Hantu.... said...

Apa kabar kak Tara?

TaraChun said...

Hantu?

Kabar baik

Powered by Blogger.