Wednesday 27 November 2019

Bukan Hanya Renaissance, 3 Sejarah Unik Italia Ini Menarik Untuk Diketahui, Loh!

Pecinta sejarah pasti tidak asing lagi dengan istilah renaissance, tetapi ada tiga sejarah unik Italia lainnya yang menarik untuk dibahas.




Negara yang terkenal dengan para pelukis zaman renaissance ini memang menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang di dunia. Mereka ingin melihat karya-karya besar dari para pelukis abad pertengahan tersebut. Saat dimulainya sebuah peradaban baru di Eropa dan merupakan sejarah dunia. Namun, bukan hanya itu, masih ada beberapa sejarah unik Italia yang tak kalah menariknya untuk dibahas.

Memang ketika menyebut nama nigari spaghetti ini kita akan diingatkan dengan sebuah mahakarya dari Leonardo da Vinci, Mona Lisa. Selain itu juga tentang sebuah bangunan berdarah dengan kisah-kisah memilukannya, Colosseum. Tentu kalian sudah sering mendengar dua hal tersebut bukan? Nah, ada tiga sejarah unik Italia lainnya yang masih jarang diketahui.

Kekaisaran Romawi


Sebenarnya Italia merupakan negara yang menjadi pusat peradaban Romawi untuk pertama kali pada tahun 750SM. Peradaban Romawi ini sendiri merupakan sebuah entitas politik yang awalnya berbentuk monarki dan kemudian berubah menjadi sebuah imperium atau kekaisaran. Kekaisaran Romawi memberikan banyak pengaruh terhadap peradaban. Imperium ini telah melahirkan budaya yang beragam dan memberikan inovasi arsitektur kepada peradaban kontemporer. 

Beberapa sistem dalam pemerintahan kontemporer pun dipengaruhi oleh bangsa Romawi. Ada pula beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang juga berasal dari budaya Romawi. Namun, dalam sejarah, kekaisaran Romawi ini disebut sebagai pemenang dan pecundang. Kerajaan mereka yang besar dan dihormati pada akhirnya runtuh juga. Beberapa faktor mempengaruhi, salah satunya legiun (pasukan bala tentara) yang melemah. Kaisar tidak lagi dapat merekrut tentara dari warga negara Romawi sendiri dan pada akhirnya menyewa tentara asing yang tidak memiliki kesetiaan kepada kekaisaran sehingga terjadilah pemberontakan

Mafia Italia


Tahukah kamu jika mafia tertua di dunia ternyata berasal dari Italia? Istilah mafia sendiri berasal dari Bahasa Sisilia kuno, Mafiusu, yang berarti tempat perlindungan atau pertapaan. Mafia sendiri memiliki nama lain, yaitu Cosa Nostra yang diartikan sebagai satu bangsa, satu pemikiran, atau ‘orang kita’. Para anggota mafia selalu menulis kata itu dengan hormat dan kebanggaan.

Procopio di Magio merupakan seorang Godfather tertua yang merayakan ulanh tahun ke seratusnya pada tahun 2016. Don Procopio saat masih memimpin disebut sebagai sosok yang sangat keras dalam memimpin sengketa antara kelompoknya dengan mafia Sisilia lainnya. Beberapa orang tidak menyukainya terutama yang pernah terlibat masalah langsung. 

Sampai saat ini mafia sudah semakin dikenal berbahaya oleh berbagai kalangan. Bahkan Italia sendiri aman dari serangan teroris karena keberadaan mafia di negara itu. Para teroris itu takut dan nyatanya mereka berbisnis dengan mafia.

Kubah Pantheon


Bangunan satu ini merupakan kubah tertua dan terbesar di Italia selama lebih dari 1300 tahun sampai munculnya Duomo di Florence. Pantheon sendiri disebut sebagai kubah terkuat tanpa penguat di dunia karena sudah ada sejak dulu kala. Kubah ini terletak di pusat kota Roma dan sering digunakan untuk misa.

Kubah Pantheon ini dikatakan sebagai struktur Romawi paling lengkap di bumi. Selain itu juga kuil ini disebut sebagai tempat persemayan dewa-dewa Romawi Kuno. Di sini pula beberapa pahlawan nasional Italia dimakamkan, sebut saja Raja Emmanuel I dan seorang pelukis renaissance, Raphael. 

Bagaimana? Menarik bukan tiga sejarah unik Italia ini? Kita jadi tahu hal-hal yang sebelumnya sangat jarang dibahas. Beragam sejarah bisa kamu pelajari dari negeri sepatu boot tersebut.
 

1 comment:

Aurora Hemlock said...

Terima kasih sudah mengerjakan tugas.
Secara keseluruhan sudah bagus, Kak.

Powered by Blogger.