Saturday 30 November 2019

[REVIEW NOVEL] J.R.R. Tolkien - The Hobbit

Judul: The Hobbit
Pengarang: J.R.R Tolkien
Alih Bahasa: A. Adiwiyoto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


____________________ THE HOBBIT ______________________

Sinopsis singkat cerita: 

Novel ini menceritakan tentang seorang hobbit kecil bernama Bilbo Baggins yang memulai petualangan pertamanya. Bilbo sebenarnya hobbit yang lebih menyukai berdiam di rumah dan menikmati kenyamanannya sendiri, tidak ingin bepergian jauh. Namun, ia bertemu dengan Gandalf yang disebut sebagai penyihir, dari sana lah semua bermula. Gandalf rupanya memberi sebuah tanda tepat di depan pintu rumah Bilbo sehingga mengundang kedatangan tiga belas kurcaci, Di rumah hobbit kecil itu mereka bercerita tentang petualangan, naga-naga, dan harta karun.

Salah seorang kurcaci ada yang mengatakan jika mereka mendatangi rumah yang salah. Bilbo tidak terlihat galak atau pun bisa ikut dalam petualangan mereka nantinya. Hobbit kecil itu akhirnya terpancing dan akan membuktikan jika ia bisa dan sanggup. Maka petualangan mereka pun akhirnya dimulai.


Awal membaca cerita ini aku sangat menyukai detail dari penjelasan pengarang tentang suasana dan ciri fisik dari hobbit itu sendiri. Narasi dibawakan dengan begitu menarik sehingga pembaca dapat membayangkan seperti apa keindahan wilayah yang ditinggali hobbit. Namun, ada kalanya pembaca juga merasa bosan karena narasi terlalu panjang.

Aku menikmati petualangan yang disuguhkan oleh pengarang sendiri, terasa fantasinya. Pengarang dengan lihai memasukkan makhluk-makhluk seperti goblin, peri, troll, wargs, gollum, dan naga untuk menunjang petualangan menjadi sangat seru. Karena sejujurnya aku sangat jarang membaca cerita bergenre fantasi, tetapi aku suka membuatnya. Dari novel ini aku mempelajari banyak hal.

Ketika membaca The Hobbit sendiri aku merasa sedang mendongeng di saat bersamaan, karena entah bagaimana pengarang meramu cerita ini dengan begitu apik. Novel ini bisa dibaca oleh semua umur karena kisahnya bisa dikatakan aman untuk anak-anak dan ada nyanyian beserta liriknya juga. Alur ceritanya mengalir dengan sangat baik, bagian flashback pun terasa pas. Hanya saja ada beberapa bagian yang mungkin agak sulit untuk dimengerti, jadi harus dibaca ulang terlebih dahulu.

Sebenarnya aku sangat menahan diri supaya tidak membagikan spoiler saat mereview novel ini, tapi aku mau berbagi sedikit. Petualangan yang dibilang seru itu apa sih? Jadi di cerita ini Bilbo itu melakukan perjalanan atau bisa dibilang juga petualangan mencari harta karun ke Gunung Sunyi. Nah, di sana itu ada naga raksasa Smaug yang berkuasa. Oh, tentu tidak gampang untuk sampai ke sana. Bilbo dan para kurcaci harus menghadapi berbagai makhluk yang sudah aku sebutkan tadi.

Segitu aja spoilernya ya, intinya kalian wajib baca novel keren satu ini. The Hobbit sendiri merupakan kisah awal sebelum munculnya Lord of The Rings. Jadi, para pecinta LOTR pasti dan wajib tahu permulaannya.

Oke, sekian review dariku dan sedikit spoilernya. See you di review novel selanjutnya.



No comments:

Powered by Blogger.